SEKILAS INFO
27-01-2023
  • 7 bulan yang lalu / Hasil Akreditasi untuk Prodi S.1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Mendapat Predikat BAIK SEKALI atau Akreditasi B
  • 7 bulan yang lalu / Pelaksanaan Asesment Lapangan Akreditasi Prodi S.1. PGMI via Daring Zoom Meeting 3-4 Juni 2022
  • 1 tahun yang lalu / SELAMAT DATANG DI STAI AL-HIKMAH TANJUNG BALAI

Dalam konteks menghasilkan lulusan yang Islami dan unggul dalam mengintegrasikan keilmuan dengan nilai keislaman tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan berbagai program, salah satunya program Bantuan Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an bagi kalangan Mahasiswa PTKI.

Program ini merupakan langkah afirmasi Kementerian Agama RI terhadap mahasiswa yang sedang dan telah menghafal Al-Qur’an yang tersebar di PTKI. Melalui program ini diharapkan para mahasiswa termotivasi, terinspirasi untuk gemar menghafal dan menyelesaikan hafalannya sampai tuntas 30 juz. Ini penting agar PTKI kian hari kian bermutu, utamanya pada penguasaan bidang hafizhul quran.

Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam di samping hadits, ijma dan qiyash. Posisi Al Quran sangat mulia di atas segala sumber apapun. Oleh karenanya bagi orang yang mempelajari dan menghafalkannya dijamin oleh Allah Swt dengan berbagai keutamaan. Penghafal Al-Qur’an juga akan lebih mulia daripada para syuhada: “Adalah nabi mengumpulkan di antara dua orang syuhada Uhud kemudian beliau bersabda, “Manakah di antara keduanya yang lebih banyak hafal Al-Qur’an, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakamannya di liang lahat.” (HR. Bukhari) dan para penghafal AlQur’an juga akan lebih utama menjadi imam daripada lainnya: “Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim).

Dalam konteks dunia kemahasiswaan pada PTKI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berkomitmen untuk memberikan motivasi dan fasilitas agar mahasiswa-mahasiswa PTKI yang telah dan sedang proses menghafal Al-Qur’an diberikan bantuan, melalui program Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an. Hal ini untuk menjamin bahwa negara hadir memperhatikan para Tahfizhul Quran yang jelas-jelas secara teologis ditempatkan pada tempat yang mulia. Selain itu mendorong agar praktek menghafal Al-Qur’an yang telah lama berkembang di masyarakat, utamanya di kalangan pondok pesantren dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dapat berkembang dengan baik.

Maksud penyelenggaraan Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an (BTQ) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah meningkatkan pemahaman dan penguasaan ilmu-ilmu ke-Islaman khususnya bidang Tahfizhul Quran sehingga dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kepribadian mahasiswa Islam. Sedangkan tujuan Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah sebagai berikut:

a. Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa yang telah dan sedang menghafal Al-Qur’an;
b. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjaga nilai-nilai keIslaman dan meningkatkan kapasitas mahasiswa PTKI dalam menghafal Al- Qur’an;
c. Meningkatkan kualitas akademik mahasiswa penghafal Al-Qur’an di lingkungan PTKI sehingga mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya;
d. Mendorong PTKI untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat mendukung berkembangnya mahasiswa yang menghafalkan Al-Qur’an.

A. PERSYARATAN

Adapun Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Tahfidz Qur’an, yaitu :

1. Melampirkan Surat Permohonan Beasiswa Tahfidz
2. Mahasiswa Aktif semester 1 sampai dengan 7
3. Melampirkan Fc KTP, Kartu Keluarga
4. Melampirkan Fc Kartu Tanda Mahasiswa
5. Melampirkan Kartu Hasil Studi Nilai IPK
6. Memiliki Hafalan Qur’an minimal 10 Juz
7. Surat Keterangan aktif kuliah
8. Mengisi dan menandatangani pakta integritas (Terlampir)
9. Sertifikat Tahfidz Bukti Hafal Qur’an atau surat keterangan (bermaterai) dari lembaga/Ustadz/Guru/Kyai Mahasiswa
yang bersangkutan.
10. Dokumen pencairan, Foto copy Buku rekening bank yang masih aktif.

B. PROSEDUR PENGAJUAN

1. Mahasiswa pendaftar mempersiapkan seluruh berkas dokumen persyaratan berupa file scan dan fisik
2. Mahasiswa mendaftar & mengunggah berkas data melalui link website http://diktis.kemenag.go.id/sarprasmahasiswa/v2/?page=btahfiz dan konfirmasi ulang https://bit.ly/Pendaftaran-BeasiswaTahfidzQuran
3. Formulir pendaftaran dan seluruh berkas persyaratan fisik dimasukkan kedalam map warna kuning
4. Menyerahkan berkas fisik persyaratan pendaftaran tersebut ke Bagian Kemahasiswaan di Kantor Biro STAI Al-Hikmah Tanjungbalai.
5. Batas waktu Pendaftaran 28 Juni 2022

DATA KAMPUS

STAI Al-Hikmah Tanjungbalai

NPSN : 347446868

Jl. Karya No.26, Tj. Balai Kota I
KEC. Tanjungbalai Selatan
KAB. Tanjung Balai
PROV. Sumatera Utara
KODE POS 21332

Pengumuman

JADWAL KRS MAHASISWA

Daftar Dosen